Tugas dan Fungsi


Tugas dan Fungsi

Dalam menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Baitul Mal kabupaten Aceh Selatan maka dibentuklah Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan berdasarkan Qanun kabupaten Aceh Selatan Nomor 1 tahun 2012 tentang Susunan Organisasi dan Tata kerja Sekretariat Lembaga Keistemewaan Kabupaten Aceh Selatan, Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan ini di pimpin oleh seorang Kepala Sekretariat yang secara fungsional bertanggung jawab kepada pimpinan Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan dan secara adminiftratif kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Selanjutnya Sekretaris Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan mempunyai tugas untuk memberikan pelayanan administrasi kesekretariatan dan fungsi menyusun program, memfasilitasi penyiapan program, memfasilitasi dan memberikan pelayanan teknis serta pengelolaan administrasi keuangan, kepegawaian, perlengkapan, rumah tangga dan ketatausahaan pada Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan.

Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan merupakan institusi tersendiri yang secara organisatoris merupakan organisasi Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan yang menjalankan fungsi pelayanan kepada Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan. Dalam kaitan dengan sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintahan, maka Renstra Baitul Mal ini merupakan langkah awal untuk melakukan pengukuran kinerja di lingkungan Baitul Mal Kabupten Aceh Selatan oleh karena posisinya sebagai bagian dari Perangkat Daerah.

Baitul Mal adalah sebuah lembaga keuangan yang berbdan hukum. Di Indonesia lembaga ini belakangan populer seiring dengan semangat umat islam untuk mencari model ekononomi alternatif pasca krisis ekonomi tahun 1997. Kemunculan Baitul Mal merupakan usaha sadar untuk memperdayakan ekonomi masyarakat. Konsep ini sedianya ingin mengacu pada definisi "Baitul Mal" pada masa kejayaan Islam, terutama pada masa Khalifah empat pasca - kepemimpinan Rasulullah Muhammad Salallah alaihi wasallam atau masa Khulafaur Rasyidin (632 - 661). Dalam bahasa Arab "bait" berarti rumah dan "mal" yang berarti harta : rumah untuk mengumpulkan atau menyimpan harta. Waktu itu dikenal dengan istilah "diwan" yakni tempat atau kantor yang digunakan oleh para penulis katakanlah Sekretaris Baitul Mal untuk bekerja dan menyimpan arsip - arsip keuangan.

baitul Mal merupakan suatu lembaga yang bertugas mengumpulkan harta negara entah diperoleh dari umat Islam itu sendiri atau dari rampasan perang, untuk disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerima atau kebutuhan angkatan bersenjata. Para Khalifah waktu itu memegang kebijakan utama kemana harta-harta itu akan disalurkan.

 

Bupati
Bupati Aceh Selatan
Tgk. AMRAN

GPR Aceh

Twitter

Kalender Islam